Olahraga untuk Menyulap Perut Buncit jadi Ramping Berotot

olahraga-efektif-untuk-merampingkan-perut-buncit-dan-membentuk-otot-perut
Perut  Ade Rai yang Ramping dan berorot, foto: youtube


Kalau kita punya perut buncit, kadang jadi iri sama mereka yang punya perut ramping berotot.  Mau pakai pakaian apa aja mereka sepertinya nggak masalah, mau foto selfie juga nggak perlu capek nahan nafas :) ... beda dengan perut buncit.  Olahraga menjadi salah cara sehat untuk menyulap perut buncit jadi ramping berotot.

Selain melakukan olahraga secara teratur, hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat, sehingga perut yang sudah terlanjur buncit dapat kembali ramping, kencang, seperti semula.

Olahraga Efektif Untuk Merubah Perut Buncit jadi Berotot


Kita disarankan melakukan olahraga secara teratur minimal 3x seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit, agar kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat melakukan proses metabolisme dan diubah dengan baik menjadi energi, sehingga tidak tertimbun menjadi lemak.


5 Olahraga yang Efektif Merampingkan Perut, yaitu:


1.  Senam Aerobik

Senam aerobik adalah olahraga yang direkomendasikan karena dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten. Senam aerobik mempertahankan unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, yaitu berkesinambungan, memiliki ritme dengan intensitas yang teratur berupa gerakan pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Hal tersebut membuat asupan oksigen yang dipakai tidak cepat habis dan dapat membakar kalori secara efektif.


2.  Berenang

Berenang adalah olahraga yang dapat mengecilkan perut tanpa memberikan beban pada titik tumpuan tertentu dari tubuh. Berenang sangat membantu kamu yang memiliki obesitas untuk dapat berolahraga dengan nyaman tanpa membebani kaki untuk menopang badan. Prinsip olahraga renang tidak jauh berbeda dengan senam aerobik, dimana pembakaran oksigen dan kalori terjadi secara bertahap.


3.  Jogging

Jogging atau lari santai adalah olahraga paling mudah untuk mengecilkan perut. Setiap harinya kamu disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500-900 kalori dari tubuh. Jika kamu tidak memiliki waktu khusus untuk jogging, aktivitas seperti naik turun tangga juga dapat kamu lakukan.


4.  Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat membakar kalori secara bertahap dan dapat mengecilkan perut dengan efektif. Bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Selain perut buncit yang menghilang, kegiatan bersepeda juga dapat melatih otot paha dan tungkai agar lebih kuat.


5.  Olahraga Pembentukan Otot Perut

Olahraga yang dapat membentuk otot perut diperlukan agar lemak yang tertimbun di perut dapat terbakar dengan baik dan tergantikan oleh masa otot.

Beberapa Olahraga Pembentuk Otot Perut yang dapat kita lakukan yaitu:

a. Bicyle Crunch

olahraga-pembentuk-otot-perut-bicycle-crunch
Bicyle Crunch, foto: pinterest
Gerakan bicycle crunch cukup sederhana. Awali posisi dengan terbaring dan lipat kedua tangan dengan menadah kepala. Kemudian angkat kepala hingga bahu dengan bersamaan lipat salah satu kaki hingga bagian perut terasa tertarik. Lakukan secara bergantian dengan kaki lainnya.





b. Yoga Bhujangasana (Pose Cobra)

olahraga-pembentuk-otot-perut-yoga-bhujangasana
Yoga Bhujangasana, foto: pinterest
Gerakan bhujangasan pada senam yoga juga dapat membantu mengecilkan perut anda. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah yaitu hampir sama dengan push up. Bedanya bagian kepala hingga dada diangkat setinggi mungkin dengan tangan dan kaki sebagai tumpuan. Usahakan wajah juga diangkat hingga menghadap lurus ke atas hingga merasakan regangan pada otot perut.


c.  Yoga Bandha Sarvangasa (Bridge Pose)

olahraga-pembentuk-otot-perut-yoga-bandha-sarvangasa
Yoga Bandha Sarvangasa, foto: YogaUonline

Bagi anda yang tidak punya waktu banyak mungkin akan memilih Cara Diet Tanpa Olahraga. Namun, alangkah lebih baiknya jika anda menyepatkan melakukan olahraga untuk proses diet dan mengecilkan perut buncit anda. Dengan melakukan gerakan yoga bandha sarvangasa misalnya. Gerakan ini cukup mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu lama.


d. Yoga Dhanurasan (Bow Pose)

olahraga-pembentuk-otot-perut-yoga-dhanurasan
Yoga Dhanurasan, foto: Sarvyoga

Senam untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan gerakan dhanurasan. Gerakan ini masih masuk dalam senam yoga. Seperti digambar, gerakan ini dilakukan dengan posisi tengkurap lalu tekuk lutut kebagian atas dan tahan dengan tangan diikuti dengan bagian badan yang diangkat sehingga hanya bagian perut saja yang menempel dilantai.


e. Sit Up

Sit Up, foto: Directlyfitness.com
Selain beberapa gerakan pada senam yoga, gerakan senam aerobic juga dapat dijadikan salah satu cara untuk meratakan perut. Gerakan sit up pada senam aerobic misalnya. Gerakan ini akan membuat otot perut anda kencang sekaligus membakar lemak di dalam perut, sehingga ampuh mengecilkan perut buncit. Gerakan mengecilkan perut ini dapat anda kombinasi dengan makan Makanan Diet Rendah Kalori.


f. Cruch

olahraga-pembentuk-otot-perut-crunch
Crsunch, foto: SFIDN.com

Gerakan cruch hampir sama dengan sit up. Namun pada gerakan senam cruch bagian kepala hingga bahu di tahan setengah sekitar 30 sampai 60 detik tanpa dinaikkan ke atas sepenuhnya.


g. Yoga Pavan-Muktasan

olahraga-pembentuk-otot-perut-yoga-pavan-muktasan
Yoga Pavan Muktasan, foto: myfitnesscraze.com

Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut dengan cepat yang pertama adalah dengan senam yoga. Gerakan pavan muktasan dalam melakukan senam yoga dapat membantu mengecilkan perut buncit anda. Anda bisa melakukan gerakan ini dengan posisi awal terbaring. Lalu lipat kedua kaki anda hingga bagian lutut menyentuh perut dan tahan dengan tangan diikuti dengan angkat kepala lalu tundukkan hingga dagu menyentuh dada. Tahan posisi itu sekitar 30 detik sambil tahan napas. Lalu kembali ke posisi awal sambil buang napas dan lakukan berulang sekitar 3 sampai 8 kali sehari.



h. Elbow Plank

olahraga-pembentuk-otot-perut-elbow-plank
Elbow Plank, foto: Popsugar

Gerakan eblow plank adalah gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit yang paling banyak dilakukan orang. Gerakan ini dukup mudah kelihatannya namun jika dipraktekan dengan tepat akan terasa berat jika tidak biasa.



i. Leg Raise


olahraga-pembentuk-otot-perut-leg-raise
Leg Raise, foto: Jessie Wong

Hampir sama dengan gerakan eblow plank. Gerakan leg raise juga akan terasa sulit jika baru pertama dilakukan. Gerakan itu dilakukan dengan mengangkat kedua kaki secara bersamaan dengan posisi kepala hingga perut serta tangan rata dengan lantai.



j. Discorobic


Senam untuk mengecilkan perut buncit yang terakhir adalah discorobic. Semua gerakan senam discorobic yang dilakukan dengan benar akan membantu mengecilkan perut anda. Senam discorobic yang biasanya di padukan dengan alunan music juga akan menambah semangat anda untuk senam.



Itulah beberapa gerakan untuk mengecilkan perut dan membentuk otot perut yang dapat anda lakukan di rumah. Tidak perlu terlalu lama, sukup ulangi 6 sampai 10 gerakan per hari. Selain itu juga tidak perlu semua gerakan anda lakukan, cukup pilih  3 - 5 gerakan yang dapat anda kalukan dengan sempurna dan rutin.



Selamat Berolahraga mengecilkan perut



Baca juga : Parameter Rumah Sehat