DESTINASI WISATA TERBAIK 34 PROVINSI SE INDONESIA (BAGIAN 2)

DESTINASI WISATA TERBAIK 34 PROVINSI SE INDONESIA (BAGIAN 2)

  

Pasar Apung Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.  Sumber : GNFI

PULAU KARAMPUANG, PROVINSI SULAWESI BARAT


    Pulau Karampuang, Destinasi Wisata di Provinsi Sulawesi Barat.  Sumber : azwisata


Pulau Karampuang merupakan lahan hutan kota Mamuju, sekaligus menjadi salah satu obyek wisata di wilayah Mamuju. Pulau Karampuang terletak di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.  Pulau dengan luas sekitar 6 km2 ini terkenal akan keindahan lautnya.

Keindahan bawah laut Pulau Karampuang berupa terumbu karang, aneka ikan hias, dan biota laut lainnya, dapat kita nikmati dari atas dermaga kayu sepanjang 500 meter yang dibangun dari garis pantai dan menjorok ke laut.  Dermaga ini bisa kita temukan di bagian utara Pulau Karampuang.  Jika ingin melihat keindahan bawah laut lebih dekat, kita juga bisa menyelam.

Di bagian selatan dari pulau Karampuang terdapat sumur tiga rasa yang memang memiliki air dengan tiga rasa yang berbeda yakni asin, tawar dan payau. Sumur unik ini juga dipercaya bisa mendatangkan jodoh, sehingga dikenal juga sebagai Sumur Jodoh.  banyak yang percaya, jika  seorang gadis atau perjaka meminum airnya, ia akan segera mendapatkan jodoh.


TAMAN LAUT TUMBAK, PROVINSI SULAWESI UTARA


    Taman Laut Tumbak, Destinasi Wisata di Provinsi Sulawesi Utara.  Sumber : palingsukajalanjalan

Taman Laut Tumbak terletak di Kabupaten Minahasa Utara, sejarak kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari Kota Manado. Seperti hal nya Bunaken, pesona Taman Laut Tumbak terletak pada keindahan terumbu karang nya, yang menjadi hunian bermacam ikan hias dan binatang laut lain yang juga indah.

Di Taman Tumbak, ada sekitar 20 spot diving dan snorkeling yang patut untuk dicoba,  diantaranya: Spot Pintu Samudera, spot Bohaga Mangrove, spot Bohaga Kecil, spot Taman Karang, spot Napo Kipas, dan spot MFT 1, serta MFT 2.


LONG BAWAN, PROVINSI KALIMANTAN UTARA


    Long Bawan, Destinasi Wisata di Provinsi Kalimantan Utara.  Sumber : lihat

Long Bawan adalah destinasi wisata di Provinsi kalimantan Utara yang bererbatasan langsung dengan wilayah Sabah, Malaysia.  Long Bawan  mempunyai keistimewaan berupa pesona budaya, sebab merupakan desa yang di tempati oleh suku Dayah Lundayeh.

Banyak sekali upacara adat yang dilakukan di Long Bawan seperti Nyumpei Semarang Mei Ulang. Long Bawan terkenal sebagai penghasil garam alam dan  juga perternakan kerbau serta upacara adat dengan tarian-tarian uniknya.  Selain itu kondisi desa yang asri dan alami, menambah pesona tempat wisata Long Bawan.


DESA BUDAYA PAMPANG, PROVINSI KALIMANTAN TIMUR


    Desa Budaya Pampang, Destinasi Wisata di Provinsi Kalimantan Timur.  Sumber : amabeltravel

Desa Budaya Pampang merupakan  tempat wisata budaya populer di Samarinda, Kalimantan Timur.  Desa Budaya Pampang dihuni oleh suku Dayak Kenyah.

Wisata Budaya Dayak Desa Pampang diminati oleh wisatawan yang tertarik melihat sekaligus mengenal dan mempelajari budaya Dayak.  Setiap akhir pekan, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota maupun luar negeri.  Setiap hari Minggu, dari pukul 13:00 – 15:00 diadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa.

Lamin Desa Pampang ini berupa rumah adat Dayak dengan ukiran khas suku Dayak.  Pada saat pertunjukan seni sedang berlangsung, seluruh warga desa akan mengenakan pakaian adatnya.


BUKIT RIMPI PELAIHARI, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

    Bukit Rimpi Pelaihari, Destinasi Wisata di Provinsi Kalimantan Timur.  Sumber : amabeltravel


Bukit Rimpi Pelaihari memiliki pesona alam yang sangat lengkap, rerumputan bukit yang masih hijau asri serta dipercantik sunrise yang mempesona.  Bukit Rimpi Pelaihari berada di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Sepanjang mata memandang di Bukit Rimpi Pelaihari, rerumputan hijau menghampar.  Kontur alam perpaduan bukit dan lembah, serta deretan perbukitan di kejauhan, dipadu dengan putihnya awan berarak di langit, membuat panorama alam Bukit Rimpi Pelaihari semakin sempurna.


TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTIN, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

    Taman Nasional Tanjung Puting, Destinasi Wisata di Provinsi Kalimantan Tengah.  Sumber: amabeltravel


Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu cagar alam yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfir dan merupakan tempat rehabilitasi orang utang.  Di Taman Nasional Tanjung Puting pengunjung dapat menikmati alam dan melihat orang utan yang merupakan satwa endemik Indonesia, serta satwa liar lainnya.

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional pertama di Indonesia dengan tujuan merehabilitasi orang utan. Taman ini adalah taman yang benar-benar menjaga populasi orang utan agar tidak punah.

  
BUKIT PENJAMUR, PROVINSI KALIMANTAN BARAT

 Bukit Penjamur, Destinasi Wisata di Provinsi Kalimantan Barat.  Sumber: bobocantik


Bukit Penjamur terletak di Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kalimantan Barat. Jarak Bukit Penjamur kurang lebih 6 km dari pusat kota Bengkayang. Letak lokasi ini memang sangat strategis dan sangat mudah diakses.

Dari Bukit Penjamur ini kita dapat melihat indahnya lautan awan bak negeri dongeng, apalagi saat mentari pagi mulai menyembulkan sinarnya secara perlahan, barangkali apa yang kita lihat itu menjadi salah satu moment terbaik kita seumur hidup.



DANAU SANO NGGOANG, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

    Danau Sano Nggoang, Destinasi Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Sumber: eloratour


Danau Sano Nggoang yang memiliki luas sekitar 513 ha merupakan danau terbesar di Nusa Tenggara Timur.  Danau vulkanik yang terletak di sebelah tenggara kawasan Hutan Mbeliling dan blok Hutan Sesok, pada ketinggian 750 m dpl dan memiliki kedalaman sekira 600 m itu menjadi daya tarik karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi.  Bau belerang yang menyengat akan tercium saat berada di kawasan danau ini. 

Kegiatan yang bisa kita lakukan di Danau Sano Nggoang adalah rekreasi dengan melakukan olahraga trekking, menungang kuda keliling danau, atau mandi air panas untuk kesehaadalah salah satu tujuan utama datang ke danau ini selain untuk refreshing, berkeliling danau dengan menunggangi kuda, bird watching, dan lain sebagainya.


QUEEN WATERFALL, PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

    Queen Waterfall, Destinasi Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Sumber: eloratour


Queen Waterfall merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berlokasi di Pulau Moyo, Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Satu lagi adalah Air Terjun Diwu Mbai.

Air Terjun Queen Waterfall sebenarnya bernama lokal Air terjun Mata Jitu.  Dikenal dengan sebutan Queen Waterfall karena Lady Diana pernah berkunjung dan merasakan segarnya air terjun cantik di Pulau Moyo, Nusa Tenggara ini.  Air terjun dengan air yang jernih, membentuk panorama alam yang menawan.  Apalagi sekelilingnya tetumbuhan hijau masih terjaga keasriannya, menambah pesona air terjun Mata Jitu.   READ MORE