10 Film Terbaik Sepanjang Masa Menurut Voting 358 Sutradara Dunia

film-terbaik-sepanjang-masa-menurut-voting-358-sutradara-dunia
Robert De Niro dalam Film taxi Driver, tahun 1976.  Sumber: amazon.com

10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA MENURUT PARA SUTRADARA


10 film berikut ini menjadi Film Terbaik Sepanjang Masa setelah dilakukan voting kepada 358 sutradara dunia.  Sebut saja Francis Ford Coppola, Woody Allen, Quentin Tarantino, Terence Davies, Guillermo del Toro, Martin Scorsese, Olivier Assayas, Nuri Bilge Ceylan, Michael Mann, Mike Leigh, Guy Maddin, dan banyak lagi.

DAFTAR 10 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA HASIL VOTING 358 SUTRADARA

Berikut ini Daftar 10 Film Terbaik menurut voting para sutradara dunia :


TOKYO STORY

film-tokyo-story
Poster film Tokyo Story
    

Tokyo Story merupakan satu film terbaik dunia yang disutradarai oleh Ozu Yasujiro.  Tokyo Story dirilis pada tahun 1953 dan sukses menginspirasi para sineas dunia. Dibintangi oleh Chishû Ryû, Tokyo Story mengisahkan tentang orang tua yang pergi ke Tokyo untuk mengunjungi anaknya yang sudah dewasa.

Film ini menyajikan gambaran kontras ketika sang anak kandung terlalu sibuk untuk memberi perhatian kepada kedua orang tuanya, namun justru anak angkatnya yang memperlakukan dengan baik. Tokyo story meraih 48 vote dari para sutradara dunia, dan menjadi pemuncak daftar film terbaik sepanjang masa.


A SPACE ODYSSEY

film-a-space-odyssey
Poster Film A Space Odyssey
   
Di posisi kedua ada film mahakarya Stanley Kubrick yang berjudul 2001: A Space Odyssey. Dibintangi oleh Keir Dullea, film ini mengisahkan tentang perjalanan luar angkasa yang menembus ruang dan waktu dengan konsep dan imajinasi yang tinggi dari Kubrick. Film 2001: A Space Odyssey meraih 42 vote dari para sutradara.

Christopher Nolan pernah mengatakan bahwa film 2001: A Space Odyssey ini merupakan salah satu inspirasinya dalam membuat film Interstellar.



CITIZEN KANE

film-citizen-kane
Poster Film Citizen Kane
   

Film Citizen Kane berada di posisi ketiga, juga mendapatkan 42 vote dari para sutradara dunia.  Film yang meraih satu piala Oscar ini dirilis tahun 1941, disutradarai oleh Orson Welles yang juga menulis naskahnya bersama Herman J. Mankiewics.

Citizen Kane dibintangi oleh Joseph Cotten dan Dorothy Comingore, film ini bercerita tentang para wartawan yang berusaha mengungkap sebuah kalimat terakhir dari pengusaha percetakan sebelum akhirnya meninggal dunia.


8 ½

8-1/2
Poster Film ½ 
     
Film yang meraih 2 Oscar ini mendapat 40 vote dari para sutradara.  8 ½ dirilis pada tahun 1963 ini disutradarai oleh Federico Fellini yang juga menulis naskahnya bersama Ennio Flaiano, Tullio Pinelli, dan Brunello Rondi.

Dibintangi oleh Marcello Mastroianni, film ini menceritakan tentang Guido Anselmi, seorang sutradara asal Italia yang tak produktif lagi dalam profesinya.


TAXI DRIVER

film-taxi-driver
 Poster Film Taxi Driver.  Sumber: coversresource.com
   
Taxi Driver yang dirilis tahun 1976 ini diarahkan oleh sutradara Martin Scorsese. Film yang meraih 4 nominasi Oscar ini mendapat 34 vote dari para sutradara dunia.

Dibintangi oleh Robert De Niro, Jodie Foster, dan Cybill Shepherd, film ini menceritakan tentang seorang veteran perang Vietnam yang menjadi supir taksi di malam hari kota New York. Ia yang mentalnya tak stabil merasakan sebuah gejolak ketika ingin menyelamatkan seorang pelacur usia dini. 


APOCALYPSE NOW

film-apocalypse-now
Film Apocalypse Now
   

Film arahan Francis Ford Coppola ini dirilis pada tahun 1979, berhasil meraih 33 vote dari para sutradara. Kali ini film berjudul Apocalypse Now yang dibintangi oleh Martin Sheen dan Marlon Brando.

Film yang ber-setting pada masa perang Vietnam ini bercerita tentang Captain Benjamin L. yang menjalani misi rahasia untuk membunuh pemberontak yang dianggap gila yaitu Colonel Walter E. Kurtz.



THE GODFATHER

film-the-god-father
Film The Godfather . Sumber : colorfuly
     

Film yang meraih 3 piala Oscar ini mendapat 31 vote dari para sutradara dunia.  Film klasik yang jadi pujaan banyak pecinta film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola.  

The Godfather menampilkan dua aktor handal, yakni Marlon Brando dan Al Pacino ini bercerita tentang kehidupan kelompok gangster di Amerika yang ingin berkuasa dan menebus balas dendam satu sama lain.



VERTIGO

film-vertigo
Film Vertigo.  Sumber: jaysanalysis
   
Film yang masuk dalam 2 nominasi Oscar ini meraih 31 vote dari para sutradara.  Mahakarya dari Alfred Hitchcock ini dirilis pada tahun 1958 dengan penulis naskah Alec Coppel dan Samuel A. Taylor.  

Vertigo yang dibintangi oleh James Stewart mengisahkan tentang pensiunan polisi detektif bernama Scottie yang mengidap acrophobia dan vertigo. Ia lalu dipekerjakan oleh kenalannya bernama Gavin Elster untuk mengintai sang istri yang bersikap aneh. 



THE MIRROR


film-the-mirror
Film The Mirror
   
The Mirror dirilis tahun 1975, judul asli nya adalah Zerkalo.  Film ini disutradarai oleh Andrei Tarkovsky yang juga menulis naskahnya bersama Aleksandr Misharin.

Dibintangi oleh Margarita Terekhova, The Mirror mengisahkan tentang seorang lelaki sekarat yang mengingat kembali masa kecil dan kenangan-kenangan hidupnya yang  menceritakan sejarah Rusia. Film ini mendapatkan 30 vote dari para sutradara.


BICYCLE THIEVES



film-bicycle-thieves
Film Bicycle Thieves.  Sumber: gstatic
 
Di posisi terakhir, ada Film rilisan tahun 1948 yang disutradarai oleh Vittorio De Sica yang juga menulis naskahnya bersama Cesare Zavattini, Oreste Bartolini, Suso Cecchi, Adolfo Franci, Gherardo Gherardi, dan Gerardo Guerrieri.  Ber-setting setelah Perang Dunia ke 2 di Italia, film ini mengisahkan tentang  seorang ayah dan anaknya dalam mencari sepeda mereka yang hilang dicuri.

Bicycle Thieves yang dibintangi oleh Lamberto Maggiorani ini mendapatkan 29 vote dari semua sutradara yang memberikan voting


Demikian Artikel Citra Property Land berjudul 10 Film Terbaik Sepanjang Masa Menurut Voting 358 Sutradara Dunia.






Sumber Tulisan :
Cinemagsid