TIP MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK LEMARI ES ANDA

TIP MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK LEMARI ES


Ilustrasi Lemari Es. sumber: ini

TIP AGAR PEMAKAIAN LISTRIK LEMARI ES ANDA MENJADI LEBIH HEMAT


Citra Property Land pada kesempatan ini berbagi tip menghemat pemakaian listrik lemari es di rumah kita. 

Di era modern pemakain energi listrik tidak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari.  Masalahnya jumlah penduduk semakin banyak, mengakibatkan melonjaknya kebutuhan energi listrik. Maka penting bagi kita untuk menerapkan cara hidup hemat energi listrik.

7 TIP MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK LEMARI ES DI RUMAH ANDA


Berikut ini 7 Tip menghemat pemakaian listrik untuk lemari es :

  1. Belilah lemari es sesuai kebutuhan keluarga.  Besarnya lemari es berhubungan dengan stok bahan makanan keluarga, terutama lauk pauk seperti ikan dan daging, susu, buah dan sayuran.  Kalau rumah kita dekat pasar, atau setiap hari ada tukang sayur kelliling, nggak perlu beli kulkas segede lemari baju, sebab semaiki besar ukuran lemari es, cenderung semakin besar pula kebutuhan energi listriknya.
  2. Tempatkan lemari es jauh dari panas, baik panas matahari maupun juga sumber panas lain seperti kompor, oven, tungku, magic jar, dan sebagainya.
  3. Atur letak lemari es agar sirkulasi udara di belakang lemari es lancar.  Caranya tempat kondensor yang menghasilkan panas minimal berjarak 15 cm dari dinding.
  4. Atur suhu lemari es pada setelan “medium”.  Jika diatur pada setelan “maksimal” maka akan boros listrik.  Selain itu kalau disetel terlalu dingin, justru akan membuat sayur dan buah yang disimpan menjadi cepat kering dan makanan cepat rusak!
  5. Jangan terlalu sering buka-tutup pintu lemari es. Jika terlalu sering dibuka, suhu lemari es akan naik, sehingga dibutuhkan energi listrik lebih banyak untuk menurunkan mendinginkan kembali suhu di dalam lemari es.
  6. Pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat. Jika karet pintu lemari es sudah rusak, segera ganti agar lemari es dapat ditutup sempurna.
  7. Jangan memasukan makanan dan minuman panas ke dalam lemari es.  Biarkan makanan dan minuman dingin pada suhu ruangan, baru kemudian dimasukkan ke dalam lemari es. Selain bisa merusak, suhu panas dalam lemari es membutuhkan energi listrik lebih banyak agar menjadi dingin.

Demikian artikel Home & Living dari Citra Property Land berjudul TIP MENGHEMAT PEMAKAIAN LISTRIK LEMARI ES.  Semoga bermanfaat. 

Salam Go Green